A. Pengertian
Metode pembelajaran dalam pendidikan islam
Kata
metode berasal dari bahasa Yunani. Secara etimologi, kata metode berasal dari
dari dua suku perkataan, yaitu meta dan hodos. Meta
berarti “melalui dan hodos berrti “jalan” atau “cara”.[1]
Dalam Bahasa Arab metode dikenal dengan istilah thariqah yang berarti
langkah-langkah strategis yang harus dipersiapkan untuk melakukan suatu
pekerjaan.[2]
Sedangkan dalam bahasa Inggris metode disebut method yang berarti cara dalam
bahasa Indonesia.[3]
Sedangkan
menurut terminologi (istilah) para ahli memberikan definisi yang beragam
tentang metode, terlebih jika metode itu sudah disandingkan dengan kata
pendidikan atau pengajaran diantaranya :
- Winarno Surakhmad mendefinisikan bahwa metode adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.[4]
- Abu Ahmadi mendefinisikan bahwa metode adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur.
- Ramayulis mendefinisikan bahwa metode mengajar adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Dengan demikian metode mengajar merupaka alat untuk menciptakan proses pembelajaran.[5]
- Omar Mohammad mendefinisikan bahwa metode mengajar bermakna segala kegiatan yang terarah yang dikerjakan oleh guru dalam rangka kemestian-kemestian mata pelajaran yang diajarkannya, cirri-ciri perkembangan muridnya, dan suasana alam sekitarnya dan tujuan menolong murid-muridnya untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki pada tingkah laku mereka.[6]
Berdasarkan
definisi yang dikemukakan para ahli mengenai pengertian metode di atas,
beberapa hal yang harus ada dalam metode adalah :
- Adanya tujuan yang hendak dicapai
- Adanya aktivitas untuk mencapai tujuan
- Aktivitas itu terjadi saat proses pembelaran berlangsung
- Adanya perubahan tingkah laku setelah aktivitas itu dilakukan.
Ada
istilah lain yang dalam pendidikan yang mengandung makna berdekatan dengan
metode, yaitu pendekatan dan teknik/strategi. Pendekatan merupakan pandangan
falsafi terhadap subject matter yang harus diajarkan[7]
dapat juga diartikan sebagai pedoman mengajar yang bersifat
realistis/konseptual. Sedangkan teknik/strategi adalah siasat atau cara
penyajian yang dikuasai pendidik dalam mengajar atau menyajikan bahan pelajaran
kepada peserta didik di dalam kelas, agar bahan pelajaran dapat dipahami dan
digunakan dengan baik.Metode pengajaran yaitu suatu cara penyampaian bahan
pelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, fungsinya adalah menentukan
berhasil tidaknya suatu prosess belajar-mengajar dan merupakan bagian yang
integral dalam suatu sistem pengajaran Oleh karena itu metode harus sesuai dan
selaras dengan karakteristik siswa, materi, kondisi lingkungan (setting) di
mana pengajaran berlangsung. Penggunaan atau pemilihan suatu metode mengajar di
sebabkan oleh adanya beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain:
tujuan, krakteristik siswa, situasi, kondisi, kemampuan pribadi guru, sarana
dan prasaran.
Secara
garis besar metode mengajar dapat di klaifikasikan menjadi 2 bagian:
a. Metode mengajar konvensional, yaitu
metode mengajar yang lazim dipakai oleh guru atau disebut metode taradisional.
b. Metode mengajar inkonvesional, yaitu
suau teknik mengajar yang baru berkembang dan belum lazim digunakan secara umum
seperti mengajar dengan modul, penngajaran berpogram, machine unit, masih
merupakan metode yang baru dikembangkan dan di terapkan sekolah tertentu yang
mempunyai peralatan dan media yang lengkap serta guru-guru yang ahli
menangninya.
B.
Bentuk Metode dan Teknik Pendidikan
Islam
Bentuk-bentuk metode pendidikan
Islam yang relevan dalam pengajaran ajaran Islam adalah.[8]
1.
Metode Diakronis
Suatu metode mengajar ajaran Islam
yang menonjolkan aspek sejarah. Metode ini memberi kemungkinan adanya studi
komparatif tentang berbagai penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan,
sehingga peserta didik memiliki pengetahuan yang relevan, memiliki hubungan
sebab-akibat atau kesatuan integral. Lebih lanjut peserta didik dapat menenlaah
kejadian sejarah dan mengetahui lahirnya tiap komponen, bagian, sub system,
system dan suprasistem ajaran Islam. Wilayah metode ini lebih terarah pada
aspek kognitif.
Metode diakronis disebut juga metode
sosiohistoris. Metode ini menyebabkan peserta didik ingin mengetahui,
memahami, menguraikan, dan menelusuri ajaran-ajaran Islam dari sumber-sumber
dasarnya, yakni Al-Quran dan as-Sunnahserta pengetahuan latar belakang
masyarakat, sejarah budaya di samping siroh Nabi SAW, dengan segala alam
pikirannya.
2.
Metode Sinkronis-Analitis
Suatu metode pendidikan Islam yang
member kemampuan analisis teoritis yang sangat berguna bagi perkembangan
keimanan dan mental-intelek. Metode ini tidak semata-mata mengutamakan segi pelaksanaan
atau metode praktis. Teknik pengjaran meliputi diskusi, lokakarya, seminar,
kerja kelompok, resensi buku, lomba karya ilmiah, dan sebagainya. Metode
diakronis dan metode sinkronis-analitis menggunakan asumsi dasar sebagai
berikut.
a
Islam adalah wahyu Ilahi yang berlainan dengan kebudayaan
sebagai hasil daya cipta dan rasa manusia. (QS. 53: 3-4)
b
Islam adalah agama yang sempurna di ata segala-galanya. (QS.
5: 3)
c
Wajib bagi umat Islam untuk mengajak pada kebajikan dan
melarang perbuatan kejahatan. (QS. 3: 104)
d
Wajib bagi Islam untuk menyampaikan risalah Islam kepada
orang lain menurut kemampuannya Sabda
Nabi SAW.: “Sampaikan dariku walau seayat saja” (HR. Bukhari, Thurmudzi, dan
Ahmad)
3.
Metode Problem Solving (Hill
al-Musykilat)
Metode ini merupakan pelatihan
peserta didik yang di hadapkan pada berbagai masalah suatu ilmu pengetah di
kembangapatuan dengan solusinya. Metode ini dikembangkan melalui teknik
simulasi, micro-teaching, dan critical incident (tanqibiyah). Di
dalam metode ini, cara mengasakan keterampilan lebih dominan ketimbang
pengembangan mental intelektual, sehingga terdapat kelemahan, yakni
perkembangan pemikiran peserta didik mungkin hanya sebatas kerangka yang sudah
tetap dan akhirnya bersifat mekanistik.
4.
Metode Empiris (Tajribiyah)
Suatu metode mengajar yang
memungkinkan peserta didik mempelajari pelajaran Islam melaui proses realisasi,
akulturasi, serta internalisasi norma-norma dan kaidah Islam melaui proses
aplikasi yang menimbulkan suatu interaksi social. Kemudian secara deskriptif,
proses-proses interaksi dapat di rumuskan dalam oritsuatu system norma baru
(tajdid). Keuntungan dari model ini peserta didik tidak hanya memiliki
kemampuan secara teoritis akan tetapi juga adanya pengembangan deskriptif
inovasi beserta aplikasinya dalam kehidupan social yang nyata. Metode problem
solving dan metode empiris menggunakan asumsi dasar sebagai berikut:
a.
Norma (ketentuan) kebajikan dan kemungkaran selalu ada dan
di terangkan dalam Islam. (QS.3: 104)
b.
Ajaran Islam adalah merupakan risalah atau pedoman hidup di
dunia dan di akhirat. (QS. 42: 13)
c.
Ajaran Islam sebagai sumber ilmu pengetahuan. (QS. 2: 120,
9:122)
5.
Pendekatan Induktif
Pendekatan ini dikembangkan oleh
filosof Perancis Bacon yang menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas
fakta-fakta yang kongkrit sebanyak mungkin. Semakin banyak fakta semakin
mendukung hasil simpulan. Langkah-langkah yang harus di tempuh
dalam model pembelajaran dengan pendekatan induktif yaitu:[9]
1)
guru memilih konsep, prinsip, aturan yang akan disajikan
dengan pendekatan induktif
2)
guru menyajikan contoh-contoh khusus, prinsip, atau aturan
yang memungkinkan siswa memperkirakan sifat umum yang terkandung dalam contoh,
3)
guru menyajikan bukti yang berupa contoh tambahan untuk
menunjang atau mengangkat perkiraan,
4)
menyimpulkan, memberi penegasan dari beberapa contoh
kemudian disimpulkan dari contoh tersebut serta tindak lanjut.
6.
Pendekatan Dekduktif
Pendekatan deduktif merupakan
pendekatan yang mengutamakan penalaran dari umum ke khusus. Langkah-langkah
yang dapat di tempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan deduktif
dijelaskan sebagai berikut:
(1)
guru memilih konsep, prinsip, Inisiasi Pendidikan Agama
Islam 1 aturan yang akan disajikan,
(2)
guru menyajikan aturan, prinsip yang berifat umum, lengkap
dengan definisi dan contoh-contohnya,
(3)
guru menyajikan contoh-contoh khusus agar siswa dapat
menyusun hubungan antara keadaan khusus dengan aturan prinsip umum yang
didukung oleh media yang cocok,
(4)
guru menyajikan bukti-bukti untuk menunjang atau menolak
kesimpulan bahwa keadaan umum itu merupakan gambaran dari keadaan khusus,
Realisasi
dari metode pendidikan Islam di atas dapat di aplikasikan dengan cara-cara
praktis yang di sebut dengan teknik pendidikan Islam. Adapun teknik-teknik
pendidikan Islam adalah subagai berikut.[10]
1.
Teknik Periklanan (Al-Ikhbariyah)
dan Teknik Pertemuan (Al-Muhadharah)
Teknik yang di lakukan dengan cara
tatpan langsung antara peserta didik dengan pendidik. Untuk merealisasikan
metode ini, dapat di gunakan model-model sebagai berikut:
a.
Teknik Ceramah
(lecturing/al-Mawidhah)
Muhammad Rasyid Ridla memberi arti
al-mawidhah dengan memberi nasihat (al-nasihah) dan peringatan
(al-tadzkir) yang baik dan benar, yang dapat menyentuh hati sanubari, aagar
peserta didik terdorong untuk beraktivitas baik. Teknik ceramah adalah teknik memberikan
uraian atau penjelasan kepada sejumlah murid pada waktu dan tempat tertentu.
Dengan kata lain metode ini adalah sebuah teknik mengajar dengan menyampaikan
informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya
mengikuti secara pasif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia teknik ceramah
adalah cara belajar atau mengajar yang menekankan pemberitahuan satu arah
dari pengajar kepada pelajar (pengajar aktif, pelajar pasif). Teknik ini
disebut juga dengan metode kuliah atau metode pidato.Penyajian teknik ceramah
dapat menggunakan alat bantu seperti benda, papan tulis, gambar-gambar, sketsa,
slide, peta, computer, LCD, dan sebagainya. Kekurangan metode ini adalah:
1.
Guru lebih aktif sedangkan murid pasif karena perhatian
hanya terpusat pada guru saja.
2.
Murid seakan diharuskan mengikuti segala apa yang
disampaikan oleh guru, meskipun murid ada yang bersifat kritis karena guru
dianggap selalu benar.
Untuk bidang studi agama, teknik ceramah
ini masih tepat untuk dilaksanakan. Misalnya, untuk materi pelajaran
akidah,fiqh, dan sejarah, seperti pada Standar kompetensi 12 ( Iman
Kepada Rasul Alloh), 15 (Hewan yang halal dan haram dimakan), 16 (Sejarah
Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dalam Islam).
b.
Teknik Tulisan (Al-Kitabah)
Teknik yang dilakukan dengan cara
menyebarkan informasi kepada peserta didik melalui resume tulisan, diklat, buku
modul, buku literature, serta brosur-brosur. Teknik ini bisa di gunakan sebagai
ganti dari tatap muka bila pendidik berhalangan, dismaping untuk melengkapi
ceramah pendidik yang di sampaikan kepada peserta didik secara garis besarnya.
Teknik tulisan ini mempunyai
kelebihan yaitu bisa bertahan lama dan lebih abadi serta dapat di baca
berulang-ulang bila di perlukan. Sehingga isinay dapat di fahami lebih
mendalam, serta dapat di baca sewaktu-waktu, sesuai dengan tempat dan
kesempatan yang tersedia. Kelemahannya adalah banyak juga orang yang tidak
senang membaca, tetapi lebih senang mendengar.
2.
Teknik Dialog (Hiwar)
Teknik
yang di lakukan dengan penyajian suatu topic masalah yang di lakukan melalui
dialog antara pendidik didik.Teknik dialog dapat berfungsi dengan baik jika
terjadi komunikasi transaksi yng di dukung oleh minat yang tingi bagi pendidik
dan peserta didik untuk mengetahui jawaban dari masalah yang di hadapi. Untuk
merealisasikan teknik dialog dapat di gunakan teknik-teknik sebagai berikut:
a. Teknik Tanya
jawab (Al-as’ilah wa Ajwibah)
Yaitu penyampaian pelajaran dengan
cara guru mengajukan pertanyaan dan murid menjawab. Atau suatu teknik didalam
pendidikan dimana guru bertanya sedangkan murid menjawab tentang materi yang
ingin diperolehnya. Pengertian lain dari teknik tanya jawab adalah penyajian
pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada
murid atau dapat juga dari murid kepada guru.
Kelebihan: situasi kelas akan hidup
karena anak-anak aktif berfikir dan menyampaikan buah fikiran, melatih agar
anak berani mengungkapkan pendapatnya dengan lisan, timbulnya perbedaan
pendapat diantara anak didik akan menghangatkan proses diskusi dengan lisan
secara teratur, mendorong murid lebih aktif dan sungguh-sunngguh, merangsang
siswa untuk melatih dan mengembangkan daya fikir, mengembangkan keberanian dan
ketrampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
Kekurangannya: memakan waktu lama,
siswa merasa takut apabila guru kurang mampu mendorong siswanya untuk berani
menciptakan suasana yang santai dan bersahabat, tidak mudah membuat pertanyaan
sesuai dengan tingkat berfikir siswa.
b. Teknik
Diskusi (Al-Niqasy)
Teknik diskusi adalah suatu proses
yang melibatkan dua individu atau lebih, berinteraksi secara verbal dan saling
berhadapan, saling tukar informasi, saling mempertahankan pendapat dan
memecahkan sebuah masalah tertentu.
Kelebihan metode ini adalah suasana
kelas lebih hidup, dapat menaikkan prestasi kepribadian individu, kesimpulan
hasil diskusi mudah dipahami siswa, sisiwa belajar untuk mematuhi
peraturan-peraturan dan tata tertib dalam musyawarah. Kekurangannya : siswa ada
yang tidak aktif, sulit menduga hasil yang dicapai, siswa mengalami kesulitan
mengeluarkan ide-ide atau pendapat mereka secara ilmiah dan sistematis.
Untuk mengatasi kelemahan dan segi
negatif dari metode ini: pimpinan diskusi diberikan kepada murid dan diatur
secara bergiliran, guru mengusahakan seluruh siswa agar berpartisipasi dalam
diskusi, mengusahakan supaya semua siswa mendapat giliran berbicara, sementara
siswa yang lain belajar mendengarkan pendapat temannya, mengoptimalkan waktu
yang ada untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Ada beberapa jenis diskusi yang
dilakukan oleh guru dalam membimbing belajar siswa antara lain:
a
Whole Group yaitu : bentuk diskusi kelas dimana para
pesertanya duduk setengah lingkaran, guru bertindak sebagai pemimpin dan
topiknya telah direncanakan.
b
Diskusi kelompok : diskusi yang biasanya terdiri dari
kelompok kecil (4-6) orang peserta, dan juga diskusi kelompok besar terdiri
(7-15) anggota. Dalam diskusi tersebut dibahas tentang suatu topik tertentu
dipimpin oleh seorang ketua dan seorang skretaris,
c
Buzz Group : biassanya dibagi-bagi menjadi kelompok-kelompok
kecil yang terdiri dari 3-4 orang peserta. Tempat duduk diatur sedemikian rupa
agar para siswa dapat bertukar pikiran dan bertatap muka dengan mudah. Diskusi
ini biasanya diadakan ditengah-tengah pelajaran atau diakhir pelajaran dengan
maksud memperjelas dan mempertajam bahan pelajaran.
d
Panel : yaitu bentuk diskusi yang terdiri dari 3-6 orang
peserta untuk mendiskusikan suatau topok tertentu dan duduk dalam bentuk seni
melingkar yang dipimpin oleh moderator.
e
Syindicate group, yaitu bentuk diskusi ini kelas dibagi ke
dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 peserta, masing-masing
kelompok mengerjakan tugas-tugas tertentu atau tugas yang bersifat
komplementer.
f
Symposium, dalam diskusi ini biasanya terdiri dari pembawa
makalah, moderator, dan notulis, serta beberapa peserta symposium.
g
Informal debate, biasanya bentuk diskusi ini kelas dibagi
menjadi dua tim yang agak seimbang besarnya dan mendiskusikan subjek yang cocok
untuk diperdebatkan tanpa memperhatikan peraturan perdebatan formal.
h
Fish bowl, diskusi ini tempat duduk diatur setengah
melingkar dengan dua atau tiga kursi kosong menghadap peserta diskusi. Kelompok
pendengar duduk mengelilingi kelompok diskusi yang seolah-olah melihat ikan
yang berada didalam mangkok.
i
Brain storming, biasanya terdiri dari delapan sampai dua
belas orang peserta, setiap anggota kelompok diharapkan menyumbang ide dalam
pemecahan masalah. Hasil yang diinginkan adalah menghargai pendapat orang lain,
menumbuhkan rasa percaya diri dalam upaya mengembangkan ide-ide yang ditemukan
atau dianggap benar.
3. Metode Demonstrasi
Metode ini adalah metode mengajar
dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan sesutau
kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang
relevan dengan pokok bahasan yang sedang disajikan.
Tujuan metode ini adalah memperjelas
pengertian konsep atau suatu teori.
Diantara keuntungan metode ini
adalah
- Perhatian anak dapat dipusatkan dan titik berat yang dianggap penting dapat diamati secara tajam
- Proses belajar anak akan semakin terarah karena perhatiannya akan lebih terpusat kepada apa yang didemonstrasikan
- Apabila anak terlibat aktif, maka mereka akan memperoleh pengalaman atau pengetahuan yang melekat pada jiwanya dan ini berguna dalam pengembangan kecakapannya.
Metode ini dapat dipraktikkan pada
Standar Kompetensi 11 (Hukum bacaan Mad dan Waqof), 13 (Adab Makan dan Minum).
15 (Hewan yang halal dan haram dimakan)
4. Metode Penugasan
Suatu cara mengajar dengan cara
memberikan sejumlah tugas yang diberikan guru kepada murid dan adanya
pertanggungjawaban terhadap hasilnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
metode pemberian tugas adalah cara belajar atau mengajar yang menekankan
pada pemberian tugas oleh pengajar kepad murid yang harus melakukan tugas yang
diberikan kepadanyaTugas tersebut dapat berupa:
-
Mempelajari bagian dari suatu teks buku
-
Melaksanakan sesuatu yang tujuannya untuk melatih kecakapannya
-
Melaksanakan eksperimen
-
Mengatasi suatu permasalahan tertentu
-
Melaksanakan suatu proyek
-
Metode ini dapat diterapkan pada semua Standar Kompetensi.
5. Metode Sosiodrama
Suatu cara mengajar dengan cara
pementasan semacam drama atau sandiwara yang diperankan oleh sejumlah siswa dan
dengan menggunakan naskah yang telah disiapkan terlebih dahulu.
Tujuan metode ini adalah
-
Melatih keterapilan social
-
Menghilangkan perasaan-perasaan malu dan renda diri
-
Mendidik dan mengembangkan kemampuan mengemukakan pendapat
-
Membiasakan diri untuk sanggup menerima pendapat orang lain.
Metode ini dapat digunakan pada
Standar kompetensi 13(Adab Makan dan Minum). 15 (Hewan yang halal dan haram
dimakan),14 (Menghindari Prilaku tercela) ,dan 16 (Memahami Sejjarah Dakwah
Islam)
6. Metode Latihan (drill)
Suatu cara mengajar yang digunakan
dengan cara memberikan latihan yang diberikan guru kepada murid agar
pengetahuan dan kecakapan terentu dapat menjadi atau dikuasi oleh anak.
Tujuan dari metode ini adalah
-
Memberikan umpan balik (feedback) kepada guru untuk memperbaiki proses belajar
mengajar
-
Untuk menentukan angka kemajuan atau hasil belajar masing-masing anak didik
-
Menempatkan anak didik dalam situasi belajar mengajra yang tepat.
-
Anak dapat mempergunakan daya berfikirnya semakin baik
-
Pengetahuan anak didik agar semakin bertambah dari berbagai segi.
Perikasaan latihan atau ulangan
dapat dilakukan dengan cara
-
Secara klasikal
-
Secara individu
-
Pencocokan dengan kunci jawaban yang telah disediakan sebelumnya
Metode ini dapat digunakan pada
semua Standar Kompetensi.
7. Metode Kerja Kelompok
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
metode kelompok adalah metode untuk mengubah pandangan dan sikap seseorang
dengan jalan memasukkan orang itu ke dalam kelompok.
Kerja kelompok elompok itu ada dua
macam
· Kerja kelompok jangka pendek
Kelompok ini dapat dilaksanakan
dalam kelas dalam waktu yang singkat kurang lebih 20 menit.
· Kerja kelompok jangka
menengah
Dilaksanakan dalam beberapa hari
karena adanya tugas yang cukup memakan waktu yang agak panjang.
Metode ini dapat digunakan pada
semua Standar Kompetensi.
8. Metode Proyek
Metode mengajar dengan cara
memberikan bermacam-macam permasalahan dan anak didik bersama-sama menghadapi
masalah tersebut dan memecahkannya secara bersama-sama dengan mengikuti
langkah-langkah secara ilmiah, logis, dan sistemastis.
Metode ini disebut juga dengan
metode pengajaran unit
Tujuan metode ini adalah untuk
melatih anak didik agar berfikir ilmiah, logis, dan sistematis.
Metode ini dapat digunakan pada
semua Standar Kompetensi.
9. Metode Karyawisata
Metode ini adalah cara mengajar yang
dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek yang bersejarah
atau memiliki nilai pengetahuan untuk mempelajari dan menelilti sesuatu. Metode
ini dapat digunakan pada Standar Kompetensi 15 ( Hewan yang halal dan Haram
dimakan) dengan mengajak karyawisata ke kebun binatang.
10. Metode
11. Metode Eksperimen
Suatu metode yang dilakukan dalam
suatu pelajaran tertentu terutama yang bersifat objektif, seperti ilmu
pengetahuan alam, baik dilakukan di dalam/di luar kelas maupun dalam suatu
laboratorum tertentu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, metode
penelitian cara mencari kebenaran dan asas-asas gejala alam, masyarakat,
atau kemanusiaan berdasarkan disiplin ilmu yg bersangkutan.
12. Metode Kisah Atau Cerita
Merupakan suatu cara mengajar dengan
cara meredaksikan kisah untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di
dalamnya.Metode ini dapat digunakan pada Standar Kompetensi 12 (Iman kepada
Rosul Alloh) dan 16 ( Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dalam Islam).
13. Metode Tutorial
Metode ini adalah cara mengajar
dengan memberikan bantuan tutor. Setelah siswa diberikan bahan ajar, kemudian
siswa diminta untuk mempelajari bahan ajar tersebut.
Metode ini dapat digunakan pada
Standar kompetensi 16 (Memahami Sejarah Dakwah Islam).
14. Metode Perumpamaan
Suatu metode yang digunakan untuk
mengungkapkan suatu sifat dan hakikat dari realitas sesuatu atau dengan cara
menggambarkan seseuatu dengan seseuatu yang lain yang serupa.
Metode ini dapat digunakan pada
Standar Kompetensi 14 mengenai menghindar perilaku tercela.
15. Metode Suri Tauladan
Metode mengajar dengan cara
memberikan contoh dalam ucapan, perbuatan, atau tingkah laku yang baik dengan
harapan menumbuhkan hasrat bagi anak didik untuk meniru atau mengikutinya.
Metode ini dapat digunakan pada
Standar kompetensi 12 (Iman kepada Rasul Allah) dan juga 14 mengenai menghindar
perilaku tercela.
16. Metode Peringatan dan
Pemberian Motivasi
Metode mendidik dengan cara
memberikan peringatan kepada anak tentang sesuatu dan memberikan motivasi agar
memiliki semangat dan keinginan untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Metode
ini dapat digunakan pada semua Standar kompetensi.
17. Metode Praktek
Metode mendidik dengan memberikan
materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda dengan harapan anak didik
mendapatkan kejelasan dan kemudahan dalam mempraktekan materi yang dimaksud.
Metode ini dapat digunakan pada
Standar Kompetensi 13 (Adab Makan dan Minum).
18. Metode Pemberian Ampunan
dan Bimbingan
Metode mengajar dengan cara
memberikan kesempatan kepada anak didik memperbaiki tingkah lakunya dan mengembangkan
dirinya. Metode ini dapat digunakan pada semua Standar Kompetensi.
Metode
mengajar antara lain adalah:
·
metode pembiasaan
·
metode keteladanan
·
metode pemberian ganjaran
·
metode pemberian hukuman
·
metode ceramah
·
metode tanya jawab
·
metode diskusi
·
metode sorogan
·
metode bandonngan
·
metode mudzakarah
·
metode kisah
·
metode pemberian tugas
·
metode karya wisata
·
metode ekperimen
·
metode latihan
·
metode sosiodrama
·
metode simulasi
·
metode kerja lapangan
·
metode simulasi
·
metode kerja lapangan
·
metode demonstasi
·
metode kerja kelompok
- Metode Ceramah
Metode
ceramah yaitu suatu cara penyampaian bahan secara lisan oleh guru di muka
kelas. Peran seorang murid disini sebagai penerima pesan, mendengar
memperhatikan, dan mencatat keterangan-keterangan guru.
Metode
ini layak dipakai guru bila: pesan yang disampaikan berupa informasi, jumlah
siswa terlalu banyak, dan guru adalah seorang pembicara yang baik,
Keunggulannya:
penggunaan waktu yang efisien dan pesan yang di sampaikan dapat
sebanyak-banyaknya, Pengorganisasian kelas lebih sederhana, dapat memberikan
motivasi terhadap siswa dalam belajar,fleksibel dalam penggunaan waktu dan
bahan.
Kelemahannya:
guru serinngkali mengalami kesulitan dalam mengukur pemahaman siswa, siswa
cenderunng bersifat pasif dan sering keliru dalam menyimpulkan penjelasan guru,
menimbulkan rasa pemaksaan pada siswa, cenderung membosankan dan perhatian
siswa berkurang.
- Methode Pembiasaan
Metode
ini adalah : sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak didik
berfikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntunan agama islam. Contohnya
ayat pengharaman khomer.
Kelebihan:
tidak hanya berkaitan lahiriyah tetapi berhubungan aspek batiniyah. Metode ini
tercatat sebagai metode palinga berhasil dalam pembentukan kepribadian anak
didik.
Kelemahan
metode ini membutuhkan tenaga pendidik yang bener-benar dapat dijadikan sebagai
contoh.
- Metode Keteladanan
Metode
ini maksudnya: hal-hal yang dapat ditiru atau di contoh oleh seseorang dari
oranng lain, namun keteladanan yang dimaksud disini adalah keteladanan yang
dapat dijadikan sebagai alat pendidikan islam, yaitu keteladanan yang baik,
sesuai dengan pengertian uswah dalam ayat-alqur'an.
Kelebihan:
memudahkan anak didik dalam menerapkan ilmu yang dipelajarinya, memudahkan guru
mengevaluasi hasil belajar, mendorong guru akan selalu berbuat baik, tercipta
situasi yang baik dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.
Kelemahan:
figur guru yang kurang baik cenderung akan ditiru olah anak didiknya, jika
teori tanpa praktek akan menimbulkan verbalisme.
- Metode Pemberi Ganjaran
Maksud
metode ini adalah: pemberian ganjaran yang baik terhadap perilaku baik anak
didik. Macam-macam ganjaran: pujian yang indah, imbalan materi/hadiah, doa,
tanda penghargaan, wasiat pada orang tua.
Kelebihan:
memberikan pengaruh yang cukup besar terhdp jiwa anak didik, menjadi pendorong
bagi anak-anak didik lainnya untuk mengikuti anak yang memperoleh pujian dari
gurunya.
Kelemahan:
dapat menimbulkan dampak negatif apabila guru melakukan secara berlebihan,
umumnya "ganjaran" membutuhkan alat tertentu serta membutuhkan biaya.
- Metode Pemberian Hukuman
Metode
ini keblikan dari metode pemberian ganjaran yang mana kelebihan dan
kekuragannya hampir sama. metode ini adalah jalan terakhir dalam proses
pendidikan
- Metode Sorogan
Inti
metode ini adalah berlangsungnya proses belajar mengajar secara face to face,
antara guru dan murid.
Kelebihannnya:
Guru secara pasti mengetahui secara pasti kualitas anak didiknya, bagi murid
yang IQ nya tinggi akan cepat menyelesaikan peljaran, mendapatkan penjelasan
yang pasti dari seorang guru.
Kekurangannya:
membutuhkan waktu yang sangat bnyak.
- Metode Bandongan: menurut zamarkhasy dhofier yaitu sekelompok murid mendengarkan seorang guru yang membaca, menerangkan dan sering kali mengulas buku-buu islam dalam bahasa Arab.
Kelebihan
hampir sama dengan metode ceramah: lebih cepat dan praktis, kelemahannya metode
ini dianggap lamban dan tradisional. Biasanya masih digunakan pada
pondok-pondok pesantren salaf.
- Metode Mudzakarah: adalah suatu cara yang digunakan dalam menyampaikan bahan pelajaran dengan jalan mengadaka pertemuan ilmiah yang secara khusus membahas persoalan yang bersifat keagamaan, nama lainnya majmaal al-buhust. Mudzakarah di bedakan menjadi2: yaitu 1. mudzakarah yang diselenggarakan oleh sesam santri untuk membahas suatu msalh, 2. mudzakarah yang dipimpin oleh seorang kyai, dimana hasil mudzakarah diajukan untuk dibahas dan dinilai dalam suatu seminar.
- Metode Kisah: suatu cara dalam menyampikan suatu materi pelajaran dengan menutuurkan materi pelajran dengan menuturkan secara kronologis tentang bagaiman terjadinya sesuatu hal yang sebenarnya terjadi ataupun hanya rekaan belaka. Metode kisah didunia pendidikan yang tidak diragukan kebenaranny adalh yaitu: Qur'ani dan kisah nabi.
- Metode Pemberian Tugas: dimana guru memberikan sejumlah tugas terhadap murid muridnya untuk mempelajari sesuatu , kemudian mereka disuruh untuk mempertanggung jawabkannya. Tugas yang diberikan oleh guru bisa berbentuk memperbaiki, memperdalam, mengecek, mencari informasi, atau menghafal pelajaran. Methode ini mempunyai 3 fase yaitu: 1. fase pemberian tugas, 2. fase pelaksanaan tugas, 3. fase pertanggungjawaban tugas.
- Metode Karya Wisata : Adalah suatu metode mengajar dimana siswa dan guru pergi meninggalaan sokolah menuju suatu tempat untuk menyelidiki atau mempelajari hal – hal tertentu.
- Metode Eksperimen : menurut zakiyah daradjat, metode percobaan yang biasanya dilakukan dalam mata pelajaran tertentu. Sedangkan menurut Departemen Agama yaitu praktek pengajaran yang melibatkan anak didik pada pekerjan akademis, pelatihan dan pemecahan masalah.
- Metode Latihan : menurut zuhairini, adalah suatu metode dalam pengajaran dengan jalan melatih anak didik terhadap bahan pelajaran yang sudah di berikan. Atau biasa disebut dengan ulangan.
- Metode Sosio-Drama : yaitu suatu metode mengajar dimana guru memberikan kesempatan kepada murid untuk melakukan kegiatan memainkan peran tertentu seperti yang terdapat dalam masyarakat sosial.
Tujunnya
adalah agar siswa menghayati dan menghargai perasaan orang lain, membagi
tanggung jawab dalam kelompok, merangsang siswa berpikir dan memecahkan
masalah.
- Metode Simulasi : penekanan dalam metode simulasi adalah pada kemampuan siswa untuk berimitasi sesuai dengan objek yang diperankan. Dan pada titik finalnya siswa mampu untuk mendapatkan kecakapn bersikap dan bertindak sesuai dengan situasi yang sebenarnya.
Sesuai
dengan sifat tiruannya simulasi terbgi dalam 5 jenis yaitu: sosiodrama,
psikodrama, permainan simulasi, permainan peranan, pre-teaching.
- Metode Kerja Lapangan : yaitu merupakan suatu cara mengajar yang bertujuan memberikan pengalaman kerja nyata bagi anak didik diluar kelas ( dimana saja bisa). Metode ini hakekatnya merupakan penyempurnaan dari metode kerja kelompok, karya wisata, dan eksperimen, bahkan tanya-jawab
- Metode Demonstrasi : adalah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatakan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu kepada siswa. Dapat digunakan dalam penyampaian bahan pelajaran fikih. Langkah-langkah penerapan metode demonstrasi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.
- Metode Kerja Kelompok : istilh kerja kelompok memgandung arti bahwa siswa-siswa dalam suatu kelas dibagi kedalam beberapa kelompok besar maupun kecil yang didasarkan atas prinsip untuk mencapai tujuan bersama. Langkah-langkah yang harus ditempuh dalm pelaksanaan metode kerja kelompok, yaitu :
a menentukan kelompok
b pemberian tugas-tugas kepada
kelompok
c pengerjaan tugas pada masing-masing
kelompok
d penilaian
adapun
kelebihan dari metode ini adalah
e melatih dan menumbuhkan rasa
kebersamaan dan toleransi
f adanya kerjasama yang saling
menguntungkan antara individu dalam kelompok
g menumbuhkan rasa ingin maju dan
persaingan yang sehat
sedangkan
kekurangannya :
·
memerlukn persiapan yang agak rumit
·
harus diawasi guru dengan ketat agar tidak timbul persaingna
ynag tidk sehat
·
sifat dan kemampuan individu akn terabaikan
·
jika tuga tidak dibatasi waktu tertentu, maka akan cenderung
terabaikan
C. Macam-macam Metode dan Pendekatan dalam Pendidikan Islam
1.
Macam-macam metode
Sebagai
ummat yang telah dianugerahi Allah Kitab AlQuran yang lengkap dengan petunjuk
yang meliputi seluruh aspek kehidupan dan bersifat universal sebaiknya
menggunakan metode mengajar dalam pendidikan Islam yang prinsip dasarnya dari
Al Qur’an dan Hadits. Diantara metode- metode tersebut adalah [11]:
a. Metode
Ceramah
Metode
ceramah adalah cara penyampaian inforemasi melalui
penuturan secara lisan oleh pendidik kepada peserta didik. Prinsip dasar
metode ini terdapat di dalam Al Qur’an :
فَلَمَّآ أَنجَاهُمْ إِذَا هُمْ يَبْغُونَ فِي اْلأَرْضِ
بِغَيْرِ الْحَقِّ يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنَّمَا بَغْيُكُمْ عَلَى أَنفُسِكُم
مَّتَاعَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ثُمَّ إِلَيْنَا مَرْجِعُكُمْ فَنُنَبِّئُكُم
بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
Maka
tatkala Allah menyelamatkan mereka, tiba-tiba mereka membuat kezaliman di muka bumi
tanpa (alasan) yang benar. Hai manusia, Sesungguhnya (bencana) kezalimanmu akan
menimpa dirimu sendiri (hasil kezalimanmu) itu hanyalah kenikmatan hidup
duniawi, kemudian kepada Kami-lah kembalimu, lalu Kami kabarkan kepadamu apa
yang telah kamu kerjakan (Q.S. Yunus : 23)
b. Metode
Tanya jawab
Metode
Tanya jawab adalah suatu cara mengajar dimana seorang guru mengajukan beberapa
pertanyaan kepada murid tentang bahan pelajaran yang telah diajarkan atau
bacaan yang telah mereka baca.
Prinsip
dasar metode ini terdapat dalam hadits Tanya jawab antara Jibril dan Nabi
Muhammad tentang iman, islam, dan ihsan.
Selain itu
ada juga hadits yang lainnya seperti hadits berikut ini :
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح
وَقَالَ قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا بَكْرٌ يَعْنِي ابْنَ مُضَرَ كِلَاهُمَا عَنْ ابْنِ
الْهَادِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ وَفِي حَدِيثِ بَكْرٍ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهْرًا بِبَابِ
أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ هَلْ يَبْقَى مِنْ
دَرَنِهِ شَيْءٌ قَالُوا لَا يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَيْءٌ قَالَ فَذَلِكَ مَثَلُ
الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ يَمْحُو اللَّهُ بِهِنَّ الْخَطَايَا.
Artinya:
Hadis Qutaibah ibn Sa’id, hadis Lâis kata Qutaibah hadis Bakr yaitu ibn Mudhar
dari ibn Hâd dari Muhammad ibn Ibrahim dari Abi Salmah ibn Abdurrahmân dari Abu
Hurairah r.a. Rasulullah saw. bersabda; Bagaimana pendapat kalian seandainya
ada sungai di depan pintu salah seorang di antara kalian. Ia mandi di sana lima
kali sehari. Bagaimana pendapat kalian? Apakah masih akan tersisa kotorannya?
Mereka menjawab, tidak akan tersisa kotorannya sedikitpun. Beliau bersabda;
Begitulah perumpamaan salat lima waktu, dengannya Allah menghapus dosa-dosa.
(Muslim, I: 462-463)
c. Metode
diskusi
Metode
diskusi adalah suatu cara penyajian/ penyampaian bahan pelajaran dimana
pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik/ membicarakan dan
menganalisis secara ilmiyah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau
menyusun berbagai alternative pemecahan atas sesuatu masalah.
Abdurrahman Anahlawi[12]menyebut metode ini dengan sebutan
hiwar (dialog).
Prinsip
dasar metode ini terdapat dalam Al Qur’an Surat Assafat : 20-23 yang berbunyi :
وَقَالُوا يَاوَيْلَنَا هَذَا يَوْمُ الدِّينِ هَذَا يَوْمُ
الْفَصْلِ الَّذِي كُنتُم بِهِ تُكَذِّبُونَ احْشُرُوا الَّذِينَ ظَلَمُوا وَأَزْوَاجَهُمْ وَمَاكَانُوا
يَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللهِ فَاهْدُوهُمْ إِلَى صِرَاطِ الْجَحِيمِ
Dan mereka
berkata:”Aduhai celakalah kita!” Inilah hari pembalasan.Inilah hari keputusan
yang kamu selalu mendustakannya(kepada Malaikat diperintahkan): “Kumpulkanlah
orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan sembahan-sembahan yang
selalu mereka sembah,Selain Allah; Maka tunjukkanlah kepada mereka jalan ke
neraka. (Q.S. Assafat : 20-23)
Selain itu
terdapat juga dalam hadits yang berbunyi :
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ
قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ
أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْمُفْلِسُ قَالُوا الْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لَا
دِرْهَمَ لَهُ وَلَا مَتَاعَ فَقَالَ إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي يَأْتِي
يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلَاةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا
وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا
فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ
حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ
فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ.
Artinya:
Hadis Qutaibah ibn Sâ’id dan Ali ibn Hujr, katanya hadis
Ismail dan dia ibn Ja’far dari ‘Alâ’
dari ayahnya dari Abu Hurairah ra. bahwasnya Rasulullah saw. bersabda:
Tahukah kalian siapa orang yang muflis (bangkrut)?,
jawab mereka; orang yang tidak memiliki dirham dan harta.Rasul bersabda;
Sesungguhnya orang yang muflis dari ummatku adalah orang yang datang
pada hari kiamat dengan (pahala) salat, puasa dan zakat,. Dia datang
tapi telah mencaci ini, menuduh ini, memakan harta orang ini, menumpahkan darah
(membunuh) ini dan memukul orang ini. Maka orang itu diberi pahala
miliknya. Jika kebaikannya telah habis sebelum ia bisa menebus
kesalahannya, maka dosa-dosa mereka diambil dan dicampakkan kepadanya,
kemudian ia dicampakkan ke neraka.(Muslim, t.t, IV: 1997)
d. Metode
Pemberian Tugas
Metode
pemberian tugas adalah suatu cara mengajar dimana seorang guru memberikan
tugas-tugas tertentu kepada murid-murid, sedangkan hasil tersebut diperiksa
oleh gur dan murid harus mempertanggung jawabkannya.
Prinsip
dasar metode ini terdapat dalam Al Qur’an yang berbunyi :
يَاأَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ قُمْ فَأَنذِرْ
وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ وَالرُّجْزَ
فَاهْجُرْ وَلاَتَمْنُن تَسْتَكْثِرُ
وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ
Artinya :
- Hai orang yang berkemul (berselimut),
- Bangunlah, lalu berilah peringatan!
- Dan Tuhanmu agungkanlah!
- Dan pakaianmu bersihkanlah,
- Dan perbuatan dosa tinggalkanlah,
- Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.
- Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah.
e. Metode
Demontrasi
Metode
demontrasi adalah suatu cara mengajar dimana guru mempertunjukan tentang proses
sesuatu, atau pelaksanaan sesuatu sedangkan murid memperhatikannya.
Prinsip
dasarnya terdapat dalam hadits yang berbunyi
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْوَهَّابِ قَالَ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ
حَدَّثَنَا مَالِكٌ أَتَيْنَا إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَنَحْنُ شَبَبَةٌ مُتَقَارِبُونَ فَأَقَمْنَا عِنْدَهُ عِشْرِينَ يَوْمًا
وَلَيْلَةً وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَحِيمًا
رَفِيقًا فَلَمَّا ظَنَّ أَنَّا قَدْ اشْتَهَيْنَا أَهْلَنَا أَوْ قَدْ اشْتَقْنَا
سَأَلَنَا عَمَّنْ تَرَكْنَا بَعْدَنَا فَأَخْبَرْنَاهُ قَالَ ارْجِعُوا إِلَى أَهْلِيكُمْ
فَأَقِيمُوا فِيهِمْ وَعَلِّمُوهُمْ وَمُرُوهُمْ وَذَكَرَ أَشْيَاءَ أَحْفَظُهَا
أَوْ لا أَحْفَظُهَا وَصَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي.
Artinya:
Hadis dari Muhammad ibn Muşanna, katanya hadis dari Abdul Wahhâb katanya Ayyũb
dari Abi Qilâbah katanya hadis dari Mâlik. Kami mendatangi Rasulullah saw. dan
kami pemuda yang sebaya. Kami tinggal bersama beliau selama (dua puluh malam)
20 malam. Rasulullah saw adalah seorang yang penyayang dan memiliki sifat
lembut. Ketika beliau menduga kami ingin pulang dan rindu pada keluarga, beliau
menanyakantentang orang-orang yang kami tinggalkan dan kami memberitahukannya.
Beliau bersabda; kembalilah bersama keluargamu dan tinggallah bersama mereka,
ajarilah mereka dan suruhlah mereka. Beliau menyebutkan hal-hal yang saya hapal
dan yang saya tidak hapal. Dan salatlah sebagaimana kalian melihat aku salat.
(al-Bukhari, I: 226)
f. Metode
eksperimen
Suatu cara
mengajar dengan menyuruh murid melakukan suatu percobaan, dan setiap
proses dan hasil percobaan itu diamati oleh setiap
murid, sedangkan guru memperhatikan yang
dilakukan oleh murid sambil memberikan arahan.
Prinsip
dasar metode ini ada dalam hadits :
حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا
الْحَكَمُ عَنْ ذَرٍّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ
أَبِيهِ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فَقَالَ إِنِّي
أَجْنَبْتُ فَلَمْ أُصِبْ الْمَاءَ فَقَالَ عَمَّارُ بْنُ يَاسِرٍ لِعُمَرَ بْنِ
الْخَطَّابِ أَمَا تَذْكُرُ أَنَّا كُنَّا فِي سَفَرٍ أَنَا وَأَنْتَ فَأَمَّا أَنْتَ
فَلَمْ تُصَلِّ وَأَمَّا أَنَا فَتَمَعَّكْتُ فَصَلَّيْتُ فَذَكَرْتُ لِلنَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكَ هَكَذَا فَضَرَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَفَّيْهِ الْأَرْضَ وَنَفَخَ فِيهِمَا ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا
وَجْهَهُ ….
Artinya:
Hadis Adam, katanya hadis Syu’bah ibn Abdurrahmân ibn Abzâ dari ayahnya,
katanya seorang laki-laki datang kepada Umar ibn Khattâb, maka katanya saya
sedang janabat dan tidak menemukan air, kata Ammar ibn Yasir kepada Umar ibn
Khattâb, tidakkah anda ingat ketika saya dan anda dalam sebuah perjalanan,
ketika itu anda belum salat, sedangkan saya berguling-guling di tanah, kemudian
saya salat. Saya menceritakannya kepada Rasul saw. kemudian Rasulullah saw.
bersabda: ”Sebenarnya anda cukup begini”. Rasul memukulkan kedua telapak
tangannya ke tanah dan meniupnya kemudian mengusapkan keduanya pada
wajah.(al-Bukhari, I: 129)
Hadis di
atas tergolong syarîf marfu’ dengan kualitas perawi yang sebagian tergolong
şiqah dan şiqah hafiz, şiqah şubut. Menurut al-Asqalani, hadis ini mengajarkan
sahabat tentang tata cara tayammum dengan perbuatan. (Al-Asqalani, I: 444)
Sahabat Rasulullah saw. melakukan upaya pensucian diri dengan berguling di tanah
ketika mereka tidak menemukan air untuk mandi janabat. Pada akhirnya Rasulullah
saw. memperbaiki ekperimen mereka dengan mencontohkan tata cara bersuci
menggunakan debu.
g. Metode
Amsal/perumpamaan
Yaitu cara
mengajar dimana guru menyampaikan materi pembelajaran melalui contoh atau
perumpamaan.
Prinsip
metode ini terdapat dalam Al Qur’an
مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِي اسْتَوْقَدَ نَارًا فَلَمَّآ
أَضَاءَتْ مَا حَوْلَهُ ذَهَبَ اللَّهُ بِنُورِهِمْ وَتَرَكَهُمْ فِي ظُلُمَاتٍ
لاَّ يُبْصِرُونَ
Perumpamaan
mereka adalah seperti orang yang menyalakan api Maka setelah api itu
menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan
membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat. (Q.S. Albaqarah : 17)
Selain itu
terdapat pula dalam hadits yang berbunyi :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَاللَّفْظُ لَهُ
أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ يَعْنِي الثَّقَفِيَّ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ
عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ مَثَلُ الْمُنَافِقِ كَمَثَلِ الشَّاةِ الْعَائِرَةِ بَيْنَ
الْغَنَمَيْنِ تَعِيرُ إِلَى هَذِهِ مَرَّةً وَإِلَى هَذِهِ مَرَّةً .
Artinya;
Hadis dari Muhammad ibn Mutsanna dan lafaz darinya, hadis dari Abdul Wahhâb
yakni as- Śaqafi, hadis Abdullah dari Nâfi’ dari ibn Umar, Nabi saw. bersabda:
Perumpamaan orang munafik dalam keraguan mereka adalah seperti kambing yang
kebingungan di tengah kambing-kambing yang lain. Ia bolak balik ke sana ke
sini. (Muslim, IV: 2146)
Hadis di
atas tergolong syarîf marfu’ dengan kualitas perawi yang sebagian tergolong
şiqah dan şiqah şubut, şiqah hâfiz, sedangkan ibn Umar adalah sahabat
Rasulullah saw. Menurut ath-Thîby (1417H, XI: 2634), orang-orang munafik,
karena mengikut hawa nafsu untuk memenuhi syahwatnya, diumpamakan seperti
kambing jantan yang berada di antara dua kambing betina. Tidak tetap pada satu
betina, tetapi berbolak balik pada ke duanya. Hal tersebut diumpamakan seperti
orang munafik yang tidak konsisten dengan satu komitmen.
Perumpamaan dilakukan oleh Rasul saw. sebagai satu metode pembelajaran untuk memberikan pemahaman kepada sahabat, sehingga materi pelajaran dapat dicerna dengan baik. Matode ini dilakukan dengan cara menyerupakan sesuatu dengan sesuatu yang lain, mendekatkan sesuatu yang abstrak dengan yang lebih konkrit. Perumpamaan yang digunakan oleh Rasulullah saw. sebagai satu metode pembelajaran selalu syarat dengan makna, sehinga benar-benar dapat membawa sesuatu yang abstrak kepada yang konkrit atau menjadikan sesuatu yang masih samar dalam makna menjadi sesuatu yang sangat jelas.
Perumpamaan dilakukan oleh Rasul saw. sebagai satu metode pembelajaran untuk memberikan pemahaman kepada sahabat, sehingga materi pelajaran dapat dicerna dengan baik. Matode ini dilakukan dengan cara menyerupakan sesuatu dengan sesuatu yang lain, mendekatkan sesuatu yang abstrak dengan yang lebih konkrit. Perumpamaan yang digunakan oleh Rasulullah saw. sebagai satu metode pembelajaran selalu syarat dengan makna, sehinga benar-benar dapat membawa sesuatu yang abstrak kepada yang konkrit atau menjadikan sesuatu yang masih samar dalam makna menjadi sesuatu yang sangat jelas.
h. Metode
Targhib dan Tarhib
Yaitu cara
mengajar dimana guru memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan ganjaran
terhadap kebaikan dan hukuman terhadap keburukan agar peserta didik melakukan
kebaikan dan menjauhi keburukan.
Prinsip
dasarnya terdapat dalam hadits berikut ini :
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ
حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِي عَمْرٍو عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي
سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ
اللَّهِ مَنْ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَقَدْ ظَنَنْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ
أَنْ لَا يَسْأَلُنِي عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ أَحَدٌ أَوَّلُ مِنْكَ لِمَا رَأَيْتُ
مِنْ حِرْصِكَ عَلَى الْحَدِيثِ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ
الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ
نَفْسِهِ.
Artinya:
Hadis Abdul Aziz ibn Abdillah katanya menyampaikan padaku Sulaiman dari Umar
ibn Abi Umar dari Sâ’id ibn Abi Sa’id al-Makbârî dari Abu Hurairah, ia berkata:
Ya Rasulullah, siapakah yang paling bahagia mendapat syafa’atmu pada hari
kiamat?, Rasulullah saw bersabda: Saya sudah menyangka, wahai Abu Hurairah,
bahwa tidak ada yang bertanya tentang hadis ini seorangpun yang mendahului mu,
karena saya melihat semangatmu untuk hadis. Orang yang paling bahagia dengan
syafaatku ada hari Kiamat adalah orang yang mengucapkan ”Lâilaha illa Allah”
dengan ikhlas dari hatinya atau dari dirinya.(al-Bukhari, t.t, I: 49)
Selain
hadits juga hadits berikut ini :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو عَنْ بَكْرِ بْنِ سَوَادَةَ الْجُذَامِيِّ عَنْ
صَالِحِ بْنِ خَيْوَانَ عَنْ أَبِي سَهْلَةَ السَّائِبِ بْنِ خَلَّادٍ قَالَ
أَحْمَدُ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ
رَجُلًا أَمَّ قَوْمًا فَبَصَقَ فِي الْقِبْلَةِ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْظُرُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ حِينَ فَرَغَ لَا يُصَلِّي لَكُمْ….
Artinya:
Hadis Ahmad ibn Shalih, hadis Abdullah ibn Wahhab, Umar memberitakan padaku
dari Bakr ibn Suadah al-Juzâmi dari Shâlih ibn Khaiwân dari Abi Sahlah as-Sâ’ib
ibn Khallâd, kata Ahmad dari kalangan sahabat Nabi saw. bahwa ada seorang yang
menjadi imam salat bagi sekelompok orang, kemudian dia meludah ke arah kiblat
dan Rasulullah saw. melihat, setelah selesai salat Rasulullah saw. bersabda
”jangan lagi dia menjadi imam salat bagi kalian”… (Sijistani, t.t, I: 183).
Hadis di
atas tergolong syarîf marfū’ dengan kualitas perawi yang sebagian tergolong
şiqah hâfiz, şiqah dan şiqah azaly. Memberikan hukuman (marah) karena orang
tersebut tidak layak menjadi imam. Seakan-akan larangan tersebut disampaikan
beliau tampa kehadiran imam yang meludah ke arah kiblat ketika salat. Dengan
demikian Rasulullah saw. memberi hukuman mental kepada seseorang yang berbuat
tidak santun dalam beribadah dan dalam lingkungan social.
Sanksi dalam pendidikan mempunyai arti penting, pendidikan yang terlalu lunak akan membentuk pelajar kurang disiplin dan tidak mempunyai keteguhan hati. Sanksi tersebut dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, dengan teguran, kemudian diasingkan dan terakhir dipukul dalam arti tidak untuk menyakiti tetapi untuk mendidik. Kemudian dalam menerapkan sanksi fisik hendaknya dihindari kalau tidak memungkinkan, hindari memukul wajah, memukul sekedarnya saja dengan tujuan mendidik, bukan balas dendam.
Sanksi dalam pendidikan mempunyai arti penting, pendidikan yang terlalu lunak akan membentuk pelajar kurang disiplin dan tidak mempunyai keteguhan hati. Sanksi tersebut dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, dengan teguran, kemudian diasingkan dan terakhir dipukul dalam arti tidak untuk menyakiti tetapi untuk mendidik. Kemudian dalam menerapkan sanksi fisik hendaknya dihindari kalau tidak memungkinkan, hindari memukul wajah, memukul sekedarnya saja dengan tujuan mendidik, bukan balas dendam.
i. Metode
pengulangan (tikror)
Yaitu cara
mengajar dimana guru memberikan materi ajar dengan cara mengulang-ngulang
materi tersebut dengan harapan siswa bisa mengingat lebih lama materi yang
disampaikan.
Prinsip
dasarnya terdapat dalam hadits berikut :
حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بْنُ مُسَرْهَدٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ
بَهْزِ بْنِ حَكِيمٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ
فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ.
Artinya:
Hadis Musaddad ibn Musarhad hadis Yahya dari Bahzâ ibn Hâkim, katanya hadis
dari ayahnya katanya ia mendengar Rasulullah saw bersabda: Celakalah bagi orang
yang berbicara dan berdusta agar orang-orang tertawa. Kecelakaan baginya,
kecelakaan baginya. (As-Sijistani, t.t, II: 716).
Hadis di
atas tergolong syarîf marfu’ dengan kualitas perawi yang sebagian tergolong
şiqah dan şiqah hafiz, şiqah sadũq. Rasulullah saw. mengulang tiga kali
perkataan ”celakalah”, ini menunjukkan bahwa pembelajaran harus dilaksanakan
dengan baik dan benar, sehingga materi pelajaran dapat dipahami dan tidak tergolong
pada orang yang merugi.
Satu proses yang penting dalam pembelajaran adalah pengulangan/latihan atau praktek yang diulang-ulang. Baik latihan mental dimana seseorang membayangkan dirinya melakukan perbuatan tertentu maupun latihan motorik yaitu melakukan perbuatan secara nyata merupakan alat-alat bantu ingatan yang penting. Latihan mental, mengaktifkan orang yang belajar untuk membayangkan kejadian-kejadian yang sudah tidak ada untuk berikutnya bayangan-bayangan ini membimbing latihan motorik. Proses pengulangan juga dipengaruhi oleh taraf perkembangan seseorang. Kemampuan melukiskan tingkah laku dan kecakapan membuat model menjadi kode verbal atau kode visual mempermudah pengulangan. Metode pengulangan dilakukan Rasulullah saw. ketika menjelaskan sesuatu yang penting untuk diingat para sahabat.
Satu proses yang penting dalam pembelajaran adalah pengulangan/latihan atau praktek yang diulang-ulang. Baik latihan mental dimana seseorang membayangkan dirinya melakukan perbuatan tertentu maupun latihan motorik yaitu melakukan perbuatan secara nyata merupakan alat-alat bantu ingatan yang penting. Latihan mental, mengaktifkan orang yang belajar untuk membayangkan kejadian-kejadian yang sudah tidak ada untuk berikutnya bayangan-bayangan ini membimbing latihan motorik. Proses pengulangan juga dipengaruhi oleh taraf perkembangan seseorang. Kemampuan melukiskan tingkah laku dan kecakapan membuat model menjadi kode verbal atau kode visual mempermudah pengulangan. Metode pengulangan dilakukan Rasulullah saw. ketika menjelaskan sesuatu yang penting untuk diingat para sahabat.
BAB III
KESIMPULAN
- Metode pengajaran yaitu suatu cara penyampaian bahan pelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, fungsinya adalah menentukan berhasil tidaknya suatu prosess belajar-mengajar dan merupakan bagian yang integral dalam suatu sistem pengajaran.
- Secara garis besar metode
mengajar dapat di klaifikasikan menjadi 2 bagian: Metode mengajar
konvensional dan Metode mengajar inkonvesional. Metode-metode mengajar
yang ada antara lain : metode pembiasaan,
metode keteladanan, pemberian ganjaran, metode pemberian hukuman,
metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode sorogan, metode bandonngan, metode mudzakarah, metode kisah, metode pemberian tugas, metode karya wisata, metode ekperimen, metode latihan, metode sosiodrama, metode simulasi, metode kerja lapangan, metode simulasi, metode kerja lapangan, metode demonstasi, metode kerja kelompok.
REFERENSI
Dr.
Armai Arief, M.A., Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam,
Jakarta : Ciputat Press, 2002
Basrudin
Usman M, Methodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta : PT Ciputat
Press
[2]
Ramayulis dan Samsu Nizar, Filsafat
Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta
: Kalam mulia, 2009, halaman 209.
[3]
Shalih Abd. Al Aziz, at tarbiyah wa thuriq al tadris, kairo, maarif, 119 H,
hal. 196 dalam Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Kalam
Mulia, 2008, hal. 2-3.
[4]
John M Echol dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama, 1995, hal. 379.
[5]
Surakhmad, Pengantar interaksi Belajar Mengajar, Bandung : Tarsito, 1998, hal.
96
[6]
Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia, 2005, hal. 52
[7]
Ramayulis, Metodologi hal. 3
[8]
Omar Mohammad, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1979,
hal.553
[9]
Ramayulis dan Samsu Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, hal 209
[1]
Ramayulis dan Samsu Nizar, Filsafat Pendidikan Islam Telaah
Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta : Kalam mulia, 2009,
halaman 209
[2]Shalih Abd. Al Aziz, at tarbiyah wa thuriq al tadris, kairo,
maarif, 119 H, hal. 196 dalam Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam,
Jakarta : Kalam Mulia, 2008, hal. 2-3.
[3]John M Echol dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia,
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1995, hal. 379.
[4] Surakhmad, Pengantar interaksi Belajar Mengajar, Bandung :
Tarsito, 1998, hal. 96
[5]Ramayulis, Metodologi hal. 3
[7]Ramayulis dan Samsu Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, hal
209
[8]Tim
Depag RI, Islam untuk…, Op.cit., h.151-159
[10]
Mujib Abdul dan Mudzakkir Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam. Fajar
Interpratrama Offesett. 2008. Hal. 183-209
Tidak ada komentar:
Posting Komentar